KOLESTEROL

Posted by Nur Zaidi on 16.36.00



KOLESTEROL
     Ternyata bukan hanya dalam film saja ada yang memiliki peran antagonis (jahat) dan Protagonis (baik), kolesterol juga
Memiliki penggolongan serupa. Untuk itulah kita perlu mengenal dulu apakah yang disebut dengan kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol adalah suatu unsur lemak  di dalam darah yang dibentuk oleh hati dan ditemukan di setiap sel tubuh. Fungsi kolesterol antara lain untuk membangun dinding sel, pembentuk hormon dan empedu.

     Sebenarnya tubuh kita sudah memproduksi sendiri kolesterol, tetapi asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari membuat kadarnya dalam tubuh menjadi tinggi. Makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi di antaranya; kuning telur, cumi, udang, kepiting, dan jeroan. Setiap harinya kadar normal kelesterol yang dibutuhkan oleh tubuh tidak lebih dari 200 mg/hari. Walaupun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jumlahnya tidak boleh berlebihan karena akan menyebabkan penyumbatan dalam dinding pembuluh darah. Kolesterol tinggi merupakan momok bagi dunia kesehatan saat ini, ia sering disebut silent killer karena menjadi penyebab stroke dan penyakit jantung koroner.

     Ada dua jenis kolesterol, yaitu  LDL (low density lipoprotein) atau biasa disebut “kolesterol jahat” karena menyebabkan pengendapan pada dinding pembuluh darah karena LDL akan disimpan di dinding arteri yang kemudian hal ini disebut plaques.

     Plaques ini akan menjadikan dinding arteri menjadi sempit dan dapat menyumbat aliran darah, keadaan ini biasa disebut aterosklerosis. Apabila  plaques ini menyumbat aliran darah yang menuju ke jantung maka terjadilah serangan jantung, tapi jika menyumbat aliran yang menuju  otak dapat menyebabkan stroke.

     Yang ke dua adalah HDL (high density lipoprotein) yang disebut sebagai “kolesterol baik” karena ia akan membawa kolesterol dari pembuluh darah ke hati untuk dipecahkan dan dikeluarkan.

     Menurut penelitian, peningkatan jumlah HDL sangat penting untuk menurunkan si jahat LDL. Lalu bagaimana agar jumlah HDL dalam tubuh  kita meningkat? Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kaar HDL kita:
1.    Selalu mengkonsumsi makanan kaya serat.
2.    Memilih susu rendah lemah.
3.    Meningkatkan aktivitas fisik/berolahraga secara teratur.
4.    Memilih lemak yang baik.
5.    Mempertahankan berat badan ideal dan mengurangi berat tubuh yang kegemukan.
6.    Memilih ikan dari pada daging.
7.    Mengkonsumsi kolesterol tidak lebih dari 200 mg/hari.
8.    Berhenti merokok.
9.    Menambah suplemen alami dari makanan, seperti asam lemak 3, omega 6, dan omega 9.
10.  Mengkonsumsi fitosterol 2 mg/hari. Fitosterol bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Agar lebih optimal penyerapannya, bahan pembawa fitosterol harus susu (disarikan dari artikel Kompas Cyber Media/Update: 19 Agustus 2006)



Anda bisa mendapatkan produk herbal pada:
C“Griyo Sehat Herbal”Alamat: Jl.KH.Ali Sekarputih RT.17 RW.05 Kelurahan Sekarputih Kecamatan Tegalampel Bondowoso.
     (  081 913 861 7898  
     Kami melayani dan Menjual:
1.   Madu Perbotol RP 30.000,00
2.   Produk herbal Tiongkok kuno yang dikemas dan diolah secara modern.
3.   Tensi darah dan jantung (gratis)
4.   Menawarkan peluang usaha (Personal Francese) produk makanan kesehatan, perawatan tubuh, alat kesehatan, pupuk cair hayati,dll.

( Hubungi kami segera, kami akan membantu dan melayani Anda sepenuh hati)





Nama Anda
New Johny WussUpdated: 16.36.00

0 komentar:

Posting Komentar

CB