RPP PKn Kelas IV/2

Posted by Nur Zaidi on 23.11.00


RPP PKn Kelas IV/2 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                    : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                   : IV/2
Alokasi Waktu                    : 1 x 35 menit (1 kali pertemuan)

A.    Standar Kompetensi:
3.                   Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.

B.     Kompetensi Dasar:
3.1.Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR,
      Presiden, MA, MK, dan BPK, dst.

C.    Indikator
1.      Kognitif
Produk:
a.       Menjelaskan pengertian lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat.
b.      Menjelaskan pengertian sistem pemerintahan tingkat pusat. 

Proses:
Melaksanakan kegiatan bermain peran dalam sistem pemerintahan tingkat pusat.

2.      Afektif
a.       Mengembangkan sikap rasa ingin tahu terhadap sistem pemerintahan tingkat pusat.
b.      Mengembangkan karakter bersedia terus bekerja sampai tugas terselesaikan.


D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
Produk:
a.       Diberikan pertanyaan, siswa dapat menjelaskan lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan
      tingkat pusat..
b.      Disajikan gambar struktur sistem pemerintahan tingkat pusat, siswa dapat menjelaskan dengan benar. 

Proses:
Dengan bermain peran siswa dapat menyusun gambar struktur pemerintahan tingkat pusat.

2.      Afektif
a.       Dengan disajikan gambar kegiatan pemerintahan pusat, siswa ingin tahu tugas dan kegitan pemerintahan
      tingkat puasat.
b.      Dengan lembar Kegiatan Siswa, siswa bersedia bekerja keras sampai tugas terselesaikan.
c.       Siswa bersikap jujur dalam menyelesesaikan tugas yang menjadi kewajibannya.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Pemerintahan Pusat.
Ø  Pengertian pemerintahan tingkat pusat.
Ø  Lembaga-lembaga negara:
MPR, DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dst.
         

F.     Model dan Metode Pembelajaran
a.       Model pembelajaran    : Kooperatif
b.      Metode pembelajaran  : Pengamatan, sosiodrama, diskusi, tanya
                                       jawab, dan penugasan.

G.    Kegiatan Pembelajaran
No.
Alokasi  Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Aspek Karakter yang Dikembangkan
1.












2.






























3.
5 menit












25 menit.






























5 menit.
1.      Kegiatan Awal
a.       Guru mengucapkan salam, dilanjutkan menanyakan siapa yang tidak masuk hari ini.
b.      Apersepsi
Menanyakan kepada siswa, siapa yang tahu nama presiden dan wakil presiden yang sekarang.
c.       Menyampaiakan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti
a.       Semua siswa diminta untuk membaca dan memahami pengertian pemerintahan, dan sistem pemerintahan.
b.      Guru membagi siswa menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok 5 siswa.
c.       Guru menjelaskan gambar struktur lembaga-lembaga negara tingkat pusat (lembaga legeslatif, eksekutif, dan yudikatif).
d.      Tanya jawab tentang lembagara-lembaga negara tingkat pusat.
e.       Guru memberi tugas kepada kelompok dipimpin oleh yang memerankan MPR, DPR, Presiden, Wakil Presiden, MA, MK, BPK.
f.       Masing-masing kelompok menyusun struktur pemerintahan pusat dan mempresentasikan hasil pekerjaannya.

3.      Penutup
a.       Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran.
b.      Siswa mengerjakan soal tertulis secara individu.
c.       Guru mengajak siswa untuk mrefleksikan pengalaman hidup dengan materi pelajaran.














 ingin tahu




bekerja keras , jujur


ingin tahu




bekerja keras, jujur.

Ingin tahu, kerja keras, jujur.




Ingin tahu, kerja keras, jujur.






Ingin tahu, kerja keras, jujur.

Kerja keras, jujur.
Ingin tahu, kerja keras,jujur.

H.    Penilaian
1.      Penilaian Kognitif
a.       Penilaian Proses (terlampir).
b.      Penilaian Produk (terlampir).
2.      Penilaian Afektif (terlampir).

I.       Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
1.      Standar isi mata pelajaran PKn SD.
2.      Buku PKn untuk SD kelas IV.
3.      Belajar Praktis PKn untuk SD/MI kelas IV,V,dan VI.
4.      Alat Peraga Gambar.
5.      LKS.

 
Lampiran 1
LEMBAR KERJA SISWA

Langkah-langkah kegiatan:
1.      Lakukan peran-peran berikut ini dalam kelompokmu!
a.       Ketua MPR
b.      Ketua DPR.
c.       Presiden dan Wakil Presiden.
d.      Ketua MA.
e.       Ketua MK.


f.       Ketua BPK.

2.      Buatlah peran-peran tersebut menjadi sebuah gambar sistem pemerintahan pusat.
Kelompok               : ...............................................................
Nama Anggota       :
1.      ................................................
2.      ................................................
3.      ................................................
4.      ................................................
5.      ................................................
Lampiran 2: Penilaian Kognitif

PENILAIAN PRODUK INDIVIDU

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1.      Pemegang kekuasaan tertinggi pemerintahan pusat adalah....................
2.      Presiden dan Wakil Presiden dipilih langsung oleh.............................
3.      MPR singkatan dari..................
4.      DPR dipilih langsung oleh rakyat melalui..............
5.      Jika terjadi sengketa masalah produk hukum maka yang menyelesaikan adalah lembaga.......

Kunci Jawaban:
1.      Presiden
2.      rakyat
3.      Majelis Permusyawaratan Rakyat
4.      Pemilu
5.      MK

Skala Penilaian:

Nilai=Betul x 100
              5




                                                                               Bondowoso, .............................2013
                  Mengetahui,                                        Guru Kelas,
                  Kepala Sekolah                                



                               
                                               
             NIP.                                                              NIP.





Nama Anda
New Johny WussUpdated: 23.11.00

3 komentar:

CB