LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS
PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV
SD NEGERI TANGGULANGIN I
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA, CONTOH, DAN LATIHAN
OLEH:
NUR ZAIDI, S.Pd.SD
SD NEGERI TANGGULANGIN 1
KECAMATAN TEGALAMPEL BONDOWOSO
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
KATA PENGANTAR
“Kehormatan manusia adalah pengetahuannya.
Orang-orang bijak adalah suluh yang menerangi jalan setapak
kebenaran.
Di dalam pengetahuan terletak kesempatan manusia untuk ke-
baikan.
Sementara manusia bisa mati, kebijakan hidup abadi.”
(Ali ra.)
Syukur alhamdulillah saya panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah - Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan Laporan Perbaikan Pembelajaran ini dengan baik dan tanpa hambatan yang berarti.
Laporan Perbaikan Pembelajaran ini disusun untuk memecahkan permasalahan pembelajaran Matematika kelas IV di SD Negeri Tanggulangin
1 yang selama ini tidak berjalan efektif, dan dilaksanakan dua siklus .
Semoga dengan Laporan Perbaikan Pembelajaran ini dapat bermanfaat
untuk perbaikan pembelajaran di SD Negeri Tangggulangin 1 dan khususnya
Pembelajaran Matematika kelas IV. Selain itu, dengan selesainya laporan ini
penyusun berharap dapat lebih meningkatkan profesionalisme dalam mengemban tugas dan kewajiban sebagai seorang guru.
Kekurangan dan kelemahan adalah milik penyusun sebagai manusia
biasa, untuk itu kami selalu berharap bimbingan dari Ibu Kepala Sekolah dan Bapak Ibu guru senior saya, untuk perbaikan lebih lanjut.
Demikian Laporan Perbaikan Pembelajaran ini kami susun, semoga dapat bermafaat dan mendapat ridho dari Allah SWT, amin.
ii
IDENTITAS DAN PENGESAHAN
Nama Guru : NUR ZAIDI, S.Pd.SD
Tempat/Tanggal lahir : Banyuwangi, 10 Oktober 1967
Jenis Kerlamin : Laki-laki
N I P : 19671010 199403 1 012
Pangkat dan Golongan : Penata Muda Tk.I/IIIb
Jabatan Fungsional : Guru Kelas
Tempat Mengajar : SD Negeri Tanggulanin 1
Kecamatan Tegalampel Bondowoso
Tanggal Pelaksanaan : 10 September s.d 26 September 2011
Masalah yang merupakan faktor perbaikan:
1. Pembelajara Matematika di kelas IV SD Negeri Tanggulangin 1 kurang efektif.
Hal ini terbukti pembelajaran kurang menarik minat siswa sehingga siswa menjadi tidak aktif dalam pembelajaran.
2. Guru kurang memilik kemampuan mengembangkan metode dan media pembelajaran.
Bondowoso, 30 September 2011
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah
SRI ASIANI, M.Pd NUR ZAIDI,S.Pd.SD
NIP. 19620304 198203 2 010 NIP. 19671010 199403 1 012
iv
A. PENDAHULUAN
Pembelajaran yang berhasil ditunjukkan oleh dikuasainya materi pelajaran oleh siswa. Tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran biasanya dinyatakan dengan nilai. Ketika guru menjelaskan
materi pelajaranMatematika tingkat penguasaan siswa sangat rendah.
Hanya 7 siswa dari 25 siswa yang mendapat nilai di atas 60. Untuk itu guru perlu mengadakan perbaikan terhadap pembelajaran. Perbaikan
pembelajaran dilakukan 2 siklus.Siklus pertama perbaikan penguasa- an siswa terhadap materi pelajaran. Siklus kedua perbaikan terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran. Disamping itu guru perlu mengadakan perbaikan pembelanjaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini juga
untuk meningkatkan kemampuan profesonalisme dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai seorang guru.
Untuk mempermudah anak memahami konsep absbrak perlu alat peraga kongkrit (nyata) sebagai perantara. Hal ini digunakan untuk melatih ketajaman daya ingat siswa. Disamping itu guru juga perlu menggunakan teknik-teknik mengajar yang dapat membangkitkan semangat belajar dan meimbulkan kesan rekreatif sehingga siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran.
Laporan ini disusun berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan, serta selama pelaksanaan, observasi, dan diskusi pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam 2 siklus PTK untuk mata pelajaran Matematika. Berkenaan dengan itu, laporan ini memuat pendahuluan, perencanaan, dan pelaksanaan perbaikan pembelajaran, temuan atau hasil yang diperoleh, serta kesimpulan dan saran tindak lanjut.
1
B. PERENCANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
1. Identifikasi Masalah
Dalam beberapa kali ulangan, hanya 7 siswa dari 25 siswa di kelas IV yang mencapai tingkat penguasaan materi 70% ke atas pada mata pelajaran Matematika. Selama pelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru. Berdasarkan hal tersebut, dengan bantuan teman sejawat dilaksanakan identifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi dengan teman sejawat terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran ,yaitu:
Y Minat belajar siswa sangat rendah.
Y Siswa pasif selama pembelajaran berlangsung.
Y Ada rasa takut dan tertekan pada siswa.
Y Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru.
2. Analisis dan Perumusan Masalah
Melalui diskusi dengan teman sejawat diketahui bahwa faktor penyebab pembelajaran kurang efektif dan siswa kurang menguasai materi pelajaran adalah:
R Penjelasan terlalu abstrak.
R Guru tidak menggunakan alat peraga.
R Guru kurang menggunakan metode dan media yang bervariasi.
R Guru terkesan kaku dan kurang komunikatif dengan siswa.
R Kegiatan belajar monoton dan kurang menimbulkan kesan
rekreatif sehingga pembelajaran kurang efektif.
Berdasarkan hal tersebut di atas, yang menjadi fokus perbaikan adalah” Bagaimana meningkatkan efektifitas pembelajaran melalui penggunaan alat peraga, contoh dan latihan?”
2
3. Rencana Perbaikan Pembelajaran
a. Rencana Perbaikan Pembelajaran Matematika pada siklus pertama (terlampir).
b. Rencana Perbaikan Pembelajaran Matematika pada siklus kedua (terlampir).
C. PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Perbaikan pembelajaran dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Tanggulangin 1 mulai tanggal 10 September s.d 26 September 2011. Jadwal pelaksanaan pembelajaran untuk setiap siklus sebagai berikut:
o Tanggal 12 September 2011 siklus pertama.
o Tanggal 19 September 2011 siklus kedua.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam perbaikan pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Membimbing siswa untuk mengingat kembali pelajaran tentang menafsir hasil hitung baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian.
2. Membahas materi tentang metode pembulatan hasil operasi hitung dengan menggunakan metode yang hampir sama dengan nilai taksiran pada siklus pertama.
3. Membentuk kelompok dalam mengerjakan soal pada siklus kedua.
4. Memberikan pekerjaan rumah sebagai tindak lanjut.
Sesuai dengan masalah yang dihadapi yaitu minat belajar
siswa sangat rendah, beberapa kegiatan khusus yang menjadi
perhatian dalam perbaikan pembelajaran adalah menjelaskan
materi dengan menggunakan peraga. Setiap siswa diharapkan
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar
siswa meningkat.
3
Hal – hal unik yang muncul pada saat pelaksanaan perbaikan
pembelajaran di antaranya adalah siswa lebih tertarik, tertantang,
sehingga siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Selain itu siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dengan
baik tanpa rasa tertekan dan takut.
D. TEMUAN (HASIL YANG DIPEROLEH)
Materi pelajaran akan lebih dipahami jika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan alat peraga yang relevan dengan materi.Dalam pembelajaran guru harus menggunakan berbagai media atau alat peraga untuk mendorong siswa aktif, kreatif, dan senang dalam belajarnya. Jika pelajaran disajikan semenarik mungkin dan dapat menimbulkan kesan rekreatif siswa akan lebih aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih efektif.
Untuk memancing minat belajar siswa, penerapan konsep sangat dibutuhkan sehingga siswa tidak hanya dapat menjawab soal tetapi juga mengerti. Untuk itu menggunakan alat peraga merupakan sesuatu yang menting agar siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran secara kongkrit. Guru harus berusaha untuk melibatkan siswa secara aktif dengan irama dan cara belajar yang bervariasi. Sehingga siswa akan lebih senang belajar Matematika, dan pada akhirnya prestasi siswa akan lebih baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Berdasarkan pengalaman pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui PTK, kiranya Kelompok Kerja Guru (KKG) perlu digalakkan untuk selalu bertukar pikiran dan pengalaman berkenan dengan masalah dan tugas-tugas mengajar sehari-hari.
4
E. KESIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
1. Kesimpulan
Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dari tanggal 10 September sampai dengan 26 September 2011 terhadap mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Tanggulangin 1 dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
a. Antusias dan minat belajar siswa meningkat.
b. Siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran baik secara klasikal maupun kelompok.
c. Siwa lebih berani menjawab pertanyaan guru atau sesama siswa.
d. Siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan benar.
2. Saran dan Tindak Lanjut
Berdasarkaqn kesimpulan tersebut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran khusunya meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, di antaranya adalah:
a. Guru menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi pelajaran.
b. Menggunakan metode dan media yang lebih bervariasi.
c. Guru lebih komunikatif dan luwes dalam dalam kegiatan pembelajaran.
d. Mendorong siswa agar aktif, kreatif, sehingga siswa merasa senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
e. Menggunakan test pada setiap akhir pembelajaran untuk mengukur daya serap siswa.
5
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah Solichan. 2003. Alat peraga/praktek Matematika, Surabaya:BPG
Semiawan, Conni R. 2003. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak: Fasilitator edisi IV tahun 2003.
Yufiarti, 2003. Mengembangkan kreatifitas Anak Sekolah Dasar, Gagasan dan Inovasi: Fasilitator edisi IV tahun 2003.
Wardani, Kusmaya Wihardi, Noehi Nasoetion. 2003. Penelitian Tindakan Kelas: Buku materi Pokok Modul 1 – 6. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Udin S. Winataputra dkk; Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka, Jakarta, 2004.
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Mata Pelajaran Matematika SD/MI. Jakarta: Pusat Kurikulum-Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.
Idris, Harta. Mei 2007. Matematika 4 Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Karya Mandiri Nusantara.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD Negeri Tanggulangin 1. Tahun Pelajaran 2011-2012.
6
Lampiran:
Berikut ini hasil test siswa kelas IV SD Negeri Tanggulangin 1 Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso.
Mata Pelajaran : Matematika
Standar Kompetensi : 1. Memahami dan menggunakan sifat-
sifat operasi hitung bilangan dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.6. Melakukan penafsiran dan
pembulatan.
Indikator : Menghitung soal penafsiran dan
pembulatan.
Kelas/Semester : IV/1
Tahun Pelajaran : 2011-2012
No. | N A M A | Pembahasan | Hasil Perbaikan | |
Siklus Pertama | Siklus Kedua | |||
1. | Robi Hasan | 50 | 50 | 70 |
2. | Maisyarah | 50 | 50 | 70 |
3. | Samson Sundofa | 50 | 50 | 50 |
4. | Fadoil A’mal | 50 | 50 | 70 |
5. | Fahor | 50 | 50 | 70 |
6. | Muhaimin | 50 | 70 | 70 |
7. | Sudarfono | 50 | 50 | 70 |
8. | Kartika | 50 | 70 | 70 |
9. | Dianatus Solehah | 50 | 70 | 70 |
10. | Tika Diany | 50 | 70 | 70 |
11. | Ali Imron | 50 | 70 | 70 |
12. | Dedi Ariansyah | 50 | 70 | 80 |
13. | Nening Nurul S. | 70 | 80 | 90 |
14. | Wasidatul M. | 70 | 70 | 80 |
15. | Ahmad Riski A. | 70 | 70 | 80 |
16. | Lukman Alfarizi | 50 | 70 | 70 |
17. | Samsul Arifin | 50 | 70 | 70 |
18. | Sayyidi | 40 | 50 | 50 |
19. | Hofidatur Rofiah | 70 | 70 | 80 |
20. | Andi Prayoga | 50 | 70 | 70 |
7
21. | Moh. Fedi Firmansyah | 70 | 70 | 80 |
22. | Dian Rio Saputra | 50 | 70 | 70 |
23. | Nurul Ilmiah | 50 | 70 | 80 |
24. | Rendi Febrianto | 70 | 80 | 80 |
25 | Shinta Wulandari | 70 | 80 | 90 |
Berdasarkan diskusi dengan teman sejawat pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukkan kemajuan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan nilai pada pelaksanaan perbaikan. Berikut ini perbandingan prestasi siswa sebelum dan sesudah perbaikan yang dinyatakan dengan persen.
Banyaknya Siswa | Pembahasan | P er b a i k a n | ||||
Siklus 1 | Siklus 2 | |||||
n.<60 | n.>60 | n.<60 | n.>60 | n.<60 | n.>60 | |
25 | 18 72% | 7 28% | 7 28% | 18 72% | 2 8% | 23 92% |
8
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2X 35 menit
Tanggal Pelaksanaan : 12 September 2011
I. TUJUAN
A. Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat melakukan pembulatan bilangan
B. Tujuan Perbaikan
· Menciptakan suasana kondusif bagi mental belajar siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
· Meningkatkan efektivitas kegiatan belajar nmengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
II. MATERI POKOK/PEM BELAJARAN
Operasi hitung bilangan
· Penafsiran dan pembulatan
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, pemberian tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (5 menit)
1. Memotivasi siswa dengan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung”
2. Membimbing siswa untuk mengingat kembali tentang menaksir hasil operasi hitung.
B. Kegiatan Inti (55 menit)
1. Guru menginformasikan aturan pembulatan bilangan puluhan.
2. Guru menginformasikan aturan pembulatan bilangan ratusan.
3. Guru menginformasikan aturan pembulatan bilangan ribuan.
9
4. Dengan bimbingan guru, siswa melakukan latihan soal-soal.
5. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
6. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Menyimpulkan materi.
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran.
V. ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
Ø Buku pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar kelas 4.
Ø Buku Matematika untuk Guru Sekolah Dasar kelas 4.
Ø Buku referensi yang sesui.
VI. PENILAIAN
A. Presedur penilaian
Penilaian dilakukan di akhir pelajaran dengan mengerjakan lembar kerja siswa yang telah dibuat oleh guru.
B. Lembar Kerja Siswa
Isilah titik-titik pada soal di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. 25 + 31= 56 dibulatkan ke atas menjadi........................................
2. Hasil dari 84 x (52 – 31) dibulatkan ke atas menjadi ..................
3. 15 x 15 – 15 + 2 hasilnya dibulatkan dalam puluhan terdekat adalah............................
4. 57 + 320= 377 dibulatkan ke atas menjadi....................................
5. 21 + 23 – 2= 42 dibulatkan ke bawah menjadi..............................
6. 8.632 – 4.230 dalam pembulatan ratusan terdekat adalah..........
7. 210 x 10 – 45= 1955 dibulatkan ke atas menjadi...........................
8. 2.561 + 2.320 hasilnya dibulatkan ke atas menjadi......................
9. 5.236 – 3.210 hasil pengurangan jika dibulatkan dalam ribuan terdekat adalah..........
10. 4.280 : 2 +1. 303= dibibulatkan dalam ribuan terdekat.......
10
Kunci jawaban:
1. 60
2. 1.800
3. 210
4. 400
5. 40
6. 4.400
7. 2.000
8. 5.000
9. 2.000
10. 3.000
11
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IV (empat)
Waktu : 1 x 35 menit
I. Masalah yang akan diatasi
Cara membulatkan bilangan dengan aturan pembulatan ke atas dan ke bawah, siswa sebagian besar merasa kesulitan. Apalagi hanya dengan memberikan penjelasan secara verbal.
Misalnya:
Hasil operasi hitung bilangan satuan yang kurang dari 5 dibulatkan ke bawah.
Hasil operasi hitung bilangan yang lebih atau sama dengan 5 dibulatkan ke atas.
II. Cara Mengatasi
Dengan aturan pembulatan yang telah diinformasikan ke siswa guru mengajak siswa untuk melakukan permainan seperti berikut:
1. Guru menunjukkan bangun segi tiga (bangun segi tiga diumpa-
kan sebuah gunung)
2. Contoh:
1). 23 + 54= 77 dibulatkan menjadi.....
75
77 Jika sebuah kelereng di tempatkan
di bilangan 77 maka kelereng terse-
70 80 but akan bergulir ke bilangan 80.
Jadi bilangan 77 dibulatkan mejadi
80.
12
2). 725 – 210= 515 dibulatkan menjadi..........
550
Jika bola diletakkan pada bilangan
515 maka akan turun kebilangan
500.
Jadi, pembulatan bilangan 515
515 adalah 500.
500 600
III. Hasil:
- Siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan cepat.
- Siswa lebih aktif dan senang mengikuti kegiatan pembelajaran.
- Siswa lebih mudah mengerjakan tugas dengan hasil pencapaian 72% siswa dapat menjawab dengan benar.
IV. Hal-hal yang Unik:
- Siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran baik secara klasikal atau kelompok.
- Siswa tidak takut menjawab pertanyaan guru atau sesama siswa.
13
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dan menggunakan
sifa -sifat operasi hitung bilangan
dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.6. M e l a k u k a n penafsiran dan
pembulatan.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tanggal Pelaksanaan : 19 September 2011
I. TUJUAN
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat melakukan pembulatan bilangan.
B. Tujuan Perbaikan
§ Menciptakan suasana kondusif bagi mental belajar siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
§ Meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
II. KEGIATAN PEBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (5 menit)
1. Memotivasi siswa melalui tanya jawab tentang materi pelajaran sebelumnya.
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan Inti (55 menit)
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Ø Guru membagi lembar kerja kelompok.
Ø Siswa mendiskusikan soal pada lembar kerja kelompok masing-masing.
Ø Setiap kelompok melaporkan secara lisan di depan kelas hasil kerja kelompok masing-masing.
Ø Dengan bimbingan guru siswa menanggapi laporan pekerjaan kelompok lain.
Ø Hasil pekerjaan yang telah ditanggapi oleh kelompok lain untuk dipajang.
14
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
Ø Menyimpulkan materi
Ø Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
Ø Memberikan pekerjaan rumah
III. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
& Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar kelas 4
& Matematika unuru Sekolah Dasar kelas 4
4 Buku refrensi lain yang sesuai.
IV. Penilaian
A. Prosedur penilaian
Penilaian siswa dilakukan selama melakukan kerja kelompok.
Hal-hal yang dinilai sebagai berikut:
1. Keaktifan siswa dalam kerja kelompok.
2. Hasil dari kerja kelompok.
B. Alat Penilaian
Lembar Kerja Kelompok
Diskusikan dan kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1. 6.312 apabila dibulatkan kepuluhan terdekat adalah............
2. 71 + 52 jika dibulatkan kepuluhan terdekat adalah...............
3. 418 – 325 = 93 dibulatkan kebawah menjadi..........................
4. 4.275 : 25 dibulatkan ke atas menjadi......................................
5. 5.674 bila dibulatkan keribuan terdekat adalah...................
Kunci Jawaban:
1. 6.310
2. 120
3. 90
4. 200
5. 6.000
15
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IV (empat)
Waktu : 2 x 35 menit
I. Masalah yang akan di atasi:
Siswa yang telah selesai lebih awal mengerjakan soal mengganggu
siswa lain yang belum selesai, sehingga kelas menjadingaduh.
II. Cara mengatasi:
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas soal pada lembar kerja kelompok.
III. Hasil:
Suasana kelas lebih kondusif sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif. Semua siswa terlibat aktif dalam mengerjakan tugas pada kelompok masing-masing.
IV. Hal-hal yang unik:
Siswa gaduh ketika dibentuk kelompok, karena masing-masing siswa ingin satu kelompok dengan teman sebangkunya.
0 komentar:
Posting Komentar