Laman

Selasa, 29 Mei 2012

PLPG,apa yang harus dipersiapkan?



PLPG,apa yang harus dipersiapkan?

     Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat
 mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), yaitu:
      1.      Cek kesehatan anda sebelum berangkat.
Pastikan anda benar-benar dalam keadaan sehat. Jangan
Memaksakan diri untuk tetap ikut jika anda benar-benar
sedang sakit. Banyak kasus peserta PLPG sakit parah, bahkan sampai meninggal sebenarnya bukan karena pelaksanaan PLPG berat, tetapi memang sebelumnya sudah sakit. Andai anda memang punya masalah kesehatan, siapkan obat-obatan yang cukup. Sangat disarankan anda mengkonsumsi produk kesehatan herbal.
2.     Siapkan mental anda.
Tanamkan di pikiran anda jika orang lain bisa, anda pasti juga bisa. Untuk itu selalu berpikirlah positif. Jangan pelihara rasa was-was, takut, dan lain sebagainya yang membuat anda stres. Anda tidak perlu mendengarkan kata orang, apalagi khabar-khabar yang serem. Karena kenyataanya tidak sesulit yang dibayangkan.
3.     Siapkan keuangan secukupnya.
Dalam pelaksanaan nanti, anda akan melaksanakan tugas-tugas dari asesor. Di antaranya anda harus membuat Proposal PTK, membuat perangkat pembelajaran(Silabus, RPP, Media Pembelajaran, LKS,dll) untuk itu anda butuh foto copy, beli kertas, beli alat tulis, dll.
4.     Siapkan dokumen pembelajaran.
Dokumen yang diperlukan dalam pelaksanaan PLPG yaitu; Kurikulum, buku materi, refrensi, dan contoh RPP yang relevan dengan bidang keahlian masing-masing. Diharapkan juga membawa Laptop untuk digunakan dalam workshop pengembangan perangkat pembelajaran.
5.      Khusus untuk guru BK membawa: Buku-buku yang berkaitan dengan BK, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 tahun 2008 tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kopetensi Konselor, program penyelenggaraan bimbingan dan konseling, contoh laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling, contoh instrument asesmen, dan contoh media serta pendukung penyelenggaraan layanan BK.
6.      Jangan lupa!
Membawa pensil 2B, penghapus, bolpoin, dan alas LJK untuk pelaksanaan ujian tulis di akhir kegiatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar