Indonesia-Suriname Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan dan Kebudayaan

Posted by Nur Zaidi on 18.47.00

Indonesia-Suriname Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan dan Kebudayaan

Indonesia-Suriname Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan dan Kebuyaan adalah berita yang kami share dari situs resmi Kemdikbud.go.id tentang kerja sama Indonesia dengan Suriname dibidang Pendidikan dan kebiudayaan, berikut ini berita lengkapnya:

Jakarta -- Indonesia dan Suriname merupakan dua negara yang memiliki ikatan budaya yang sangat kuat. Hal ini ditandai dengan banyaknya warga Suriname keturunan Jawa (20 persen) yang tinggal dan menetap di Suriname. Mengingat adanya hubungan historis yang erat ini maka kedua negara berkeinginan untuk saling mempererat kerja sama terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, ada tiga bentuk kerja sama yang dapat dijalin dengan Suriname yaitu; melalui Beasiswa Darmasiswa, pertukaran  dosen melalui kerja sama antar universitas kedua negara, dan di bidang Kebudayaan. "Di samping kerja sama antar pemerintah kita juga perkuat kerja sama people to people. Filosofinya adalah mencari persamaan budaya dan bukan perbedaan," katanya saat menerima Duta Besar Suriname Titi Amina Pardi di Kemdikbud, Jakarta, Rabu, 29 Agustus 2012.
Sejak tahun 1974 terdapat sebanyak 16 peserta penerima beasiswa  berkewarganegaraan Suriname dan delapan peserta program S2 (master) melalui Kemitraan Negara Berkembang (KNB Selatan-Selatan).
Titi menyampaikan, banyak kerja sama yang dapat dijalin oleh kedua negara salah satunya di bidang diaspora. Menurut dia, ada banyak kesamaan antara Indonesia dan Suriname terutama di bidang budaya. "Banyak hal yang dapat kita bagi," ujar wanita keturunan Semarang ini.
Titi menyampaikan, salah satu kerja sama yang telah dilakukan adalah kerja sama kota kembar (sister city) antara kota Yogyakarta dengan Distrik Commewijne pada akhir tahun 2009. Pemerintah Commewijne tertarik untuk bekerjasama dengan Kota Yogyakarta terutama di bidang teknologi pertanian. Hal itu disebabkan sebagian besar wilayah Commewijne terdiri atas daerah pertanian terutama perkebunan tebu, pisang, dan padi. (ASW)

Demikian berita Indonesia-Suriname Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan dan Kebuyaan dari Kemdikbud.go.id, semoga bermanfaat untuk kita.





Nama Anda
New Johny WussUpdated: 18.47.00

0 komentar:

Posting Komentar

CB