Kerangka RPP

Posted by CAHAYA on 20.28.00

Berikut ini adalah Contoh Kerangka RPP untuk Sekolah Dasar Kelas IV Semester 1:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah                                 : 
Kelas                                                :  IV (empat)
Semester                                          :  1 (satu)
Tema                                                : 
Sub Tema                                        : 
Pembelajaran  ke                           :
Materi Pokok                                 :
Alokasi Waktu                               : 1 hari ( ... x 35 menit)
                       
A.            Kompetensi Inti (Sesuaikan dengan kelas atau mapel pada buku guru )
1.              Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.              Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.              Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.              Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator (Ambil dari jaringan Tema pada buku guru )
Matematika
Kompetensi Dasar :
1.2. .......................
2.1. .......................
3.1   …………………….
4.3.  .......................
Indikator :
·         ........................................
·         .........................................

Bahasa Indonesia             
Kompetensi Dasar :
1.1. .......................
2.3. .......................
3.3   …………………….
4.1.  .......................
Indikator                  :
·           ..............................................................................................
·           ..............................................................................................


SBDP                    


Kompetensi Dasar :
4.7 …………………….
Indikator : ..............................................................................................



C.                 Tujuan (Ambil dari buku guru )
            ...................................................
            ...................................................
            ...................................................



D.            Materi Pembelajaran (Rincian dari materi pokok, ambil di buku guru )
1.       Mengamati dan Berdiskusi Keberagaman Budaya

2.       membaca teks “Mengenal Suku Minang” dan mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas

3.       Menyanyi dan Mendiskusikan Makna Lagu


E.             Metode Pembelajaran (Baca dan sesuaikan dengan kegiatan pada buku guru )
Pendekatan         : Saintifik
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

F.             Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran (Ambil dari buku guru )
1.       Media:

2.       Alat/Bahan:

3.       Sumber Belajar:


G.            Kegiatan Pembelajaran (Sesuaikan dengan  buku guru dan saintifik/model pembelajaran yang relevan, jangan lupa 5M pada kegiatan inti)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.       Tanya jawab tentang ...................
Contoh pertanyaan:
a.       .............................................................
b.       .............................................................
4.       Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“INDAHNYA KEBERSAMAAN”
... menit
Inti
1.        Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
2.        Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa
3.        Guru berkeliling untuk mengetahui apakah siswa memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas
4.         ...................................................................., dst
... menit
Penutup
1.       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
... menit



H.            Penilaian (lihat buku guru)
1.     Jenis/Teknik Penilaian
a.    Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.     Instrumen Penilaian (terlampir)
a.    Penilaian Proses
  • Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
  • Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)
  • Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
·         Rubrik Diskusi
  • Penilaian Sikap (peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu).

b.    Penilaian Hasil Belajar
Pilihan ganda, isian, uraian *)


Bondowoso, ........................
Mengetahui                                                                               Guru Kelas IV
Kepala Sekolah,                                                                       


NIP .  .....................................                                                NIP . ...........................................




Lampiran:
Lampiran 1 : Lembar Kerja
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Indahnya Kebersamaan halaman 1 sd 9
Lampiran 2 : Penilaian Hasil Belajar (lihat buku guru)

A.  Penilaian non tes

  1. Daftar Periksa Peta Pikiran ( Bahasa Indonesia )
No.
Nama Peserta Didik
Peta Pikiran Memuat

Rumah adat
Bahasa
Alat Musik
Tari
Sudah
Belum
Sudah
Belum
Sudah
Belum
Sudah
Belum
1.









2.









3.










  1. Daftar Periksa menulis sikap menunjukkan keberagaman (IPS dan PPKn)
No.
Nama Peserta Didik
Kriteria Penilaian Sikap
5 sikap keberagaman
5 sikap tidak menghargai keberagam
Sudah
Belum
Sudah
Belum
1





2






  1. Daftar Periksa Menyanyi ( SBdP)
No.
Nama Peserta Didik
Kriteria Penilaian
Bernyanyi sesuai dengan intonasi
Bernyanyi sesuai tinggi rendah nada.
Sudah
Belum
Sudah
Belum
1





2






  1. Rubrik Diskusi
No
Nama
Kriteria
Rata-rata
Mendengarkan
Komunikasi non verbal
Partisipasi
Keruntutan berbicara















Keterangan dan pedoman pensekoran:




 

  1. Penilaian Sikap
No.
Nama Peserta Didik
Kriteria Penilaian Sikap
Percaya Diri
Rasa Ingin Tahu














Keterangan dan pedoman pensekoran:
4= membudaya
3= mulai berkembang
2= mulai terlihat
1= belum terlihat

Penilaian tes (kembangkan dari indikator pada KD 3 Pengetahuan)
  1. Soal

.........................
  1. Kunci Jawaban
..........................

  1. Pedoman Pensekoran.......... ....................

Demikianlah Kerangka RPP ini semoga bermanfaat untuk kita semua, terutama Bapak dan ibu guru yang mengajar di Sekolah dasar,





Nama Anda
New Johny WussUpdated: 20.28.00

0 komentar:

Posting Komentar

CB