Berikut ini adalah Contoh Kerangka RPP untuk Sekolah Dasar Kelas IV Semester 1:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
Kelas : IV (empat)
Semester :
1 (satu)
Tema :
Sub Tema :
Pembelajaran ke :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu : 1 hari ( ... x 35 menit)
A.
Kompetensi
Inti (Sesuaikan dengan kelas atau mapel pada buku
guru )
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator (Ambil dari jaringan Tema pada buku guru )
Matematika
Kompetensi Dasar :
1.2.
.......................
2.1.
.......................
3.1 …………………….
4.3. .......................
Indikator :
·
........................................
·
.........................................
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
1.1.
.......................
2.3.
.......................
3.3 …………………….
4.1. .......................
Indikator :
·
..............................................................................................
·
..............................................................................................
SBDP
4.7 …………………….
Indikator : ..............................................................................................
C. Tujuan (Ambil dari buku guru )
•
...................................................
•
...................................................
•
...................................................
D.
Materi Pembelajaran (Rincian
dari materi pokok, ambil di buku guru )
1.
Mengamati
dan Berdiskusi Keberagaman Budaya
2.
membaca
teks “Mengenal Suku Minang” dan mencari asal-usul daerah teman-temannya di
kelas
3.
Menyanyi
dan Mendiskusikan Makna Lagu
E.
Metode Pembelajaran (Baca dan sesuaikan dengan kegiatan pada buku guru )
Pendekatan :
Saintifik
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran (Ambil dari buku guru )
1. Media:
2. Alat/Bahan:
3. Sumber Belajar:
G.
Kegiatan
Pembelajaran (Sesuaikan
dengan buku guru dan saintifik/model
pembelajaran yang relevan, jangan lupa 5M pada kegiatan inti)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Tanya jawab tentang ...................
Contoh
pertanyaan:
a.
.............................................................
b.
.............................................................
4.
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“INDAHNYA
KEBERSAMAAN”
|
... menit
|
Inti
|
1.
Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah
adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
2.
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa
3.
Guru berkeliling untuk mengetahui apakah siswa memiliki
kesulitan dalam menyelesaikan tugas
4.
...................................................................., dst
|
... menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
... menit
|
H.
Penilaian (lihat buku guru)
1.
Jenis/Teknik Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian
hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a.
Penilaian Proses
- Daftar periksa untuk peta
pikiran. (Bahasa Indonesia)
- Daftar
periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)
- Daftar periksa untuk
menyanyi. (SBdP)
·
Rubrik Diskusi
- Penilaian
Sikap (peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu).
b.
Penilaian Hasil Belajar
Pilihan ganda,
isian, uraian *)
Bondowoso,
........................
Mengetahui Guru
Kelas IV
Kepala Sekolah,
NIP . ..................................... NIP
. ...........................................
Lampiran:
Lampiran 1 : Lembar Kerja
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1
Indahnya Kebersamaan halaman 1 sd 9
Lampiran 2 : Penilaian Hasil Belajar (lihat buku guru)
A. Penilaian non tes
- Daftar Periksa
Peta Pikiran ( Bahasa Indonesia )
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Peta Pikiran
Memuat
|
|||||||
Bahasa
|
Alat Musik
|
Tari
|
|||||||
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
- Daftar Periksa
menulis sikap menunjukkan keberagaman (IPS dan PPKn)
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Kriteria
Penilaian Sikap
|
|||
5 sikap
keberagaman
|
5 sikap tidak
menghargai keberagam
|
||||
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
||
1
|
|||||
2
|
- Daftar Periksa
Menyanyi (
SBdP)
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Kriteria
Penilaian
|
|||
Bernyanyi
sesuai dengan intonasi
|
Bernyanyi
sesuai tinggi rendah nada.
|
||||
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
||
1
|
|||||
2
|
- Rubrik
Diskusi
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Rata-rata
|
|||
Mendengarkan
|
Komunikasi
non verbal
|
Partisipasi
|
Keruntutan berbicara
|
|||
Keterangan dan pedoman pensekoran:
- Penilaian Sikap
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Kriteria
Penilaian Sikap
|
|
Percaya Diri
|
Rasa Ingin Tahu
|
||
Keterangan dan pedoman pensekoran:
4= membudaya
3= mulai berkembang
2= mulai terlihat
1= belum terlihat
Penilaian tes (kembangkan dari indikator pada KD 3
Pengetahuan)
- Soal
.........................
- Kunci Jawaban
..........................
- Pedoman
Pensekoran.......... ....................
Demikianlah Kerangka RPP ini semoga bermanfaat untuk kita semua, terutama Bapak dan ibu guru yang mengajar di Sekolah dasar,
0 komentar:
Posting Komentar