RPP IPA KELAS 4 SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
A. Standar Kompetensi
· Memahami hubungan sesama makluk hidup dan antara makluk hidup dengan lingkungan.
B. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makluk hidup (rantai makanan).
C. Indikatot
· Kognitif Produk
- Menjelaskan rantai makanan.
· Kognitif Proses
- Menjelaskan hubungan antar makluk hidup pada rantai makanan.
· Psikomotor
- Membuat garis hubung yang tepat anatar makluk hidup (produsen, konsumen 1,
konsomen 2, dst) pada rantai makanan.
· Afektif
- Berani mengemukakan pendapat dalam diskusi.
D. Tujuan pembelajaran
· Pengetahuan Produk
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian rantai makanan.
2. Siswa dapat membuat rantai makanan.
· Pengetahuan Proses
1. Dengan diberikan berbagai macam gambar makluk hidup, siswa dapat menunjukkan hubungan antara makluk hidup yang satu dengan makluk hidup yang laian (hubungan “makan dan dimakan”).
2. Dengan diberikan skema rantai makanan, siswa dapat menjelaskan akibat yang terjadi apabila ada mata rantai yang putus.
· Psikomotor
Dengan ditunjukkan gambar berbagai macam makluk hidup, siswa dapat membuat garis hubung yang tepat antara makluk hidup yang satu dengan makluk hidup yang lain (hubungan “makan dan dimakan”).
· Afektif
Dengan terlibata aktif dalam pembelajaran, siswa dapat komunikasi dengan benar dan nsantun, mmeliputi:berani bertanya dan berpendapat dalam diskusi.
E. Materi Pembelajaran
· Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan yang terjadi pada makluk hidup.
· Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan dalam suatu lingkungan.
· Terputusnya salah satu mata rantai dari rantai makanan akan mempengaruhi keseimbangan alam.
F. Metode Pembelajaran
1. Model : pembelajaran kooperatif
2. Metode : diskusi, pemberian tugas.
G. Kegitan Pembelajaran
Fase/Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Karakter yang Dikembangkan
· पेंदाहुलुँ
- Memotivasi
siswa.
- Menyampaikan
tujuan.
(+5 menit)
· Inti
- Menyajikan
informasi.
- Membimbing
siswa.
- Evaluasi
(+ 20 menit)
· Penutup
- Refleksi
- Menyimpulkan
materi.
(+ 5 menit)
· Guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan mengabsen siswa.
· Guru mengingatkan pelajan sebelumnya, yaitu tentang saling ketergantungan antar makluk hidup, hubungan tersebut dapat juga berupa hubungan makan dan dinmakan.
· Menyampaiakan tujuan pembelajaran.
· Guru membagikan beberapa kartu gambar hewan kepada siswa.
· Guru menempelkan gambar tumbuhan di papan, dan siswa menempelkan gambar hewan pemakan tumbuhan (konsumen 1) di sampingnya, dilanjutkan kartu gambar hewan ke-2 (konsumen 2) dan seterusnya.
· Dengan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan definisi rantai makanan.
· Siswa membuat rantai makanan yang lain.
· Guru dan siswa mendiskusikan akibat yang akan terjadi bila ada salah satu nata rantai yang terputus pada rantai makanan terhadap keseimbangan alam.
· Siswa mengerjakan lembar penilaian.
· Guru memotivasi siswa untuk menjaga keseimbangan alam di lingkungannya.
· Dengan bimbimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Teliti
Semangat
Rasa ingin tahu
Demokratis
Teliti
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian Produk : Lembar Penilaian
2. Penilaian Kinerja : Melakukan kegiatan penilaian kinerja siswa selama kegiatan
pembelajaran.
3. Penilaian Sosial : Melakukan komunikasi.
I. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA untuk SD/MI Kelas IV karangan Heri Sulistyanto, Edi Wiyono.
2. Kartu bergambar hewan dan tumbuhan.
3. Lembar Penilaian: Prodok dan Proses
...................21 Mei 2012
Mengetahui Asesor Guru Peserta PLPG
(...............................) (.......................................)
No.Peserta:.....................
Rombel:..........................
Bahan Ajar:
s Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan yang terjadi pada makluk
hidup.
s Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan dalam suatu lingkungan.
s Gambar rantai makanan.
s Gambar jaring-jaring makanan.
s Terputusnya salah satu mata rantai dari rantai makanan akan mempengaruhi
keseimbangan alam.
Daftar Pustaka:
Heri Sulistyanto, Edy Wiyono, 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas IV. Pusat Perbukuan Depdiknas.
Lampiran 1: Media Pembelajaran
1. Kompetensi Dasar:
· Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makluk hidup (rantai makanan).
2. Tujuan:
· Siswa dapat menemutunjukkan beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makluk hidup (rantai makanan).
3. Materi:
Rantai makanan dan Jaring-jaring makanan.
4. Kelas/Semester: IV/1
5. Media :Kartu gambar hewan dan tumbuhan.
6. Gambar Media:










7. Deskripsi Media:
Media berupa diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan .
8. Penerapan:
· Guru membagikan kartu bergambar hewan pada beberapa siswa.
· Guru menempel kartu bergambar tumbuhan.
· Siswa menempel kartu bergambar hewan pemakan tumbuhan (konsumen 1).
· Dilanjutkan siswa yang lain (konsumen 2, konsumen 3, dst).
· Guru menanamkan konsep rantai makanan.
· Guru menempel gambar (diagram) jaring-jaring makanan (tanpa garis panah).
· Siswa memberi garis anak panah pada diagram secara bergantian.
· Guru menjelaskan definisi jaring-jaring makanan.
· Guru bersama siswa berdiskusi, akibat yang terjadi apabila ada salah satu nata rantai yang putus pada rantai makanan.
Lampiran 2: Lembar Penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan rantai makanan?
2. Buatlah rantai makanan!
3. Apa yang akan terjadi bila burung banyak diburu oleh manusia?
Kunci Jawaban:
1. Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan yang terjadi pada makluk hidup.
2. Rumput ð belalang ð katak ð ular ð elang.
3. Akan mempengaruhi keseimbangan alam, ulat akan bertambah populasinya karena ulat telah berkurang.
Lampiran 3: Lembar Pengamatan
No.
Nama Siswa
Keaktifan
Kerjasama

Jumlah
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.
2.
3.
4.











Penskoran:
Nilai = Skor Perolehan x 100
Skor maksimal





Tanggapan

3 Tanggapan untuk "RPP IPA KELAS 4 SEMESTER 1"

Mukhlis S. mengatakan...

bisa tidak, kalo' minta RPP berkarakter matematika kelas 5 semester 1 untuk SD ??????


13 Juni 2012 15.35
Nur Zaidi mengatakan...

Insya Allah.
Salam kenal, saya tunggu kunjungan dan komentar berikutnya.


13 Juni 2012 18.11
asma abdullah mengatakan...

RPP kelas 4 mata pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika ya Pak......


18 November 2012 13.05

Poskan Komentar

Tentang Saya

Photobucket

NUR ZAIDI, S.Pd
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia

Tlp./SMS: 081913861789



KOMENTAR TERBARU

Pengunjung

free counters
Hak cipta © 2012-2014 | NUR ANEH | Dilindungi undang-undang