Tape Bondowoso

Posted by Nur Zaidi on 08.06.00


Tape Bondowoso

Tape Bondowoso, siapa yang tidak suka? Semua orang suka dengan tape Bondowoso. Mungkin banyak produk tape di Indonesia, tapi tidak semanis dan seenak tape Bondowoso,  masak iya sih? Tidak percaya buktikan sendiri. Untuk Anda yang tinggal di luar kota Bondowoso, kami tunggu kunjungan Anda ke kota Bondowoso, dan nanti ketika Anda pulang pasti kerabat, saudara, teman Anda akan bertanya, “Mana tape Bondowosonya?” Memang, tape Bondowoso adalah makanan khas yang cocok untuk oleh-oleh. Dan semua orang, mulai dari anak-anak sampai yang tua menyukainya.

Permintaan dan pemasaran tape Bondowoso sampai keluar kota, yaitu di antaranya di Situbondo, Jember, Bali, Banyuwangi, Probolinggo, Surabaya, Bandung, dan Jakarta. Sedang di luar negeri di antaranya ke Malaysia, Singapura, dan Saudi Arabia. Dalam pemasarannya, tape Bondowoso dikemas dalam besek yang terbuat dari mambu, sebelum dikemas dalam besek tape dibungkus dulu dengan daun pisang. Harga tape di kota Bondowoso, yaitu tape kemasan bambu perikat terdiri dari lima besek dibandrol antara Rp 15.000,00 sampai Rp 20.000,00. Untuk keluar daerah tentu ditambah dengan ongkos kirim.

Sebenarnya tidak  ada perbedaan cara pembuatan tape Bondowoso dan tape di luar Bondowoso. Langkah-langkah pembuatannya sama, yaitu:
1.      Bahan: singkong (ketele pohon) dan ragi
2.      Alat: pisau, dandang, besek bambu, dan daun pisang
3.      Langkah-langkah kerja:
a.       Semua singkong yang akan kita buat tape dikupas dan dibersihkan
b.      Singkong  yang sudah dikupas dan dibersihkan dikukus dalam dandang sampai masak ( tidak  terlalu masak)
c.       Setelah masak singkong dinginkan
d.      Langkah selanjutnya adalah proses peragian
e.       Apabila proses peragian sudah selesai, singkong ditaruh dalam besek dengan dibungkus daun pisang.
f.       Terakhir, di simpan di tempat yang sejuk dan diusahakan tetap tertutup rapat untuk menunggu 2 sampai 3 hari berikutnya sampai tape benar-benar matang dan siap untuk dimakan.

Mungkin Anda ingin mempraktekkan langkah-langkah pembuatan tape di atas, silahkan! Tapi maaf, jika hasilnya tidak seenak dan semanis tape Bondowoso. Kok bisa begitu, ya karena pembuatan tape juga dipengaruhi suhu udara setempat. Sedang di Bondowoso, suhu udaranya dingin sehingga dapat menghasilkan tape yang khas, enak, dan manis. Oleh karena itu dari pada repot-repot membuat, lebih baik pesan langsung ke Bondowoso atau membeli di kios-kios yang menjual tape Bondowoso di kota Anda. Tapi, hati-hati! Karena banyak tape yang dijual dengan label Bondowoso, padahal bukan tape Bondowoso.

Demikian sekilas tentang Tape  Bondowoso, semoga bermanfaat untuk Anda. Kami tunggu kedatangan Anda ke kota Bondowoso untuk menikmati Enak dan manisnya tape Bondowoso.





Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.06.00

0 komentar:

Posting Komentar

CB