Warga PGRI Bondowoso memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2012

Posted by Nur Zaidi on 11.16.00


Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke 67 tahun 2012
                                 Bupati Bondowoso Bpk.Drs.H.Amin Said Husni 
                                             Mengucapkan selamat Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke 67 Tahun 2012 semarak diperingati di berbagai daerah di tanah air. Tidak ketinggalan PGRI  kabupaten Bondowoso Jawa Timur hari ini, Minggu 25 Nopember 2012 memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dengan melaksanakan kegiatan JJS dengan stat dan finis di depan SDN Kota Kulon 1. JJS dihadiri oleh Bupati Bondowoso Drs.H.Amin Said Husni. Dalam sambutannya, Bapak Bupati mendukung perjuangan PGRI Bondowoso untuk mendapatkan tunjangan lauk-pauk kembali yang ditetapkan secara nasional.  Kegiatan JJS diakhiri dengan pengundian kupon, dengan hadiah utama sepedah motor Mio dan  dimenangkan oleh salah seorang guru dari Kecamatan Maesan. Peringatan hari guru dan HUT PGRI kali mempunyai makna yang strategis untuk peningkatan mutu pendidikan di tanah air. Tahun 2013 adalah tahun perubahan dengan rencana perubahan kurikulum pendidikan di tanah air. Ada beberapa perubahan yang direncanakan, diantaranya rencana peleburan pelajaran IPS dan IPA di SD.
                                            Ibu Sri Asiani, M.Pd (Kepala SDN Tanngulangin  1)
                                                    Daaaaaaaaaaaa, Jalan-jalan Sehet oeeee....

Berkaitan dengan Hari Guru Nasional, isu yang ramai dibicarakan pada dekade sepuluh tahun terakhir adalah tentang kualitas guru di tanah air. Dimulai sejak tahun 2003, dengan lahirnya Undang-undang No.20 tahun 2003. Dua tahun kemudian lahir Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dan yang terbaru adalah Permendikbud No. 5 Tahun 2012 tentang sertifikasi guru dalam jabatan mengamanatkan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi sertifikasi pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta berkemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Berdasarkan ketentuan seorang guru wajib mempunyai empat kompetensi, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut disebut sebagai suatu kuadran atau tetrahidrant (empat saka guru yang saling mengait). Guru profesional yang mempunyai empat kompetensi tersebut murapakan syarat mutlak seorang guru untuk mendapatkan tunjangan profesi. Dan pemerintah telah enam tahun memberikan hak tunjangan sertifikasi guru yaitu sejak tahun 2006 yang lalu. Di Hari Guru Nasional (HGN) tanggal 25 Nopember 2012 ini merupakan saat yang tepat bagi Bapak dan Ibu Guru untuk intropeksi dan refleksi apakah sejauh ini, setelah mendapatkan tunjangan sertifikasi apakah profesioinalisme semakin meningkat dan telah memenuhi empat kompetensi yaitu kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial?

Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke 67 Tahun 2012, Jayalah guru Indonesia, Makmurlah guru Indonesia, Majulah pendidikan Indonesia, selamat tinggal era guru Umar Bakri. Merdeka!

Oleh: Nur Zaidi





Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.16.00

0 komentar:

Posting Komentar

CB