SD Negeri Tanggulangin 1 Berpacu Ciptakan Prestasi

Posted by Nur Zaidi on 12.00.00



 
SD Negeri Tanggulangin 1 Berpacu
 Ciptakan Prestasi



          SD Negeri Tanggulangin 1 adalah salah satu Sekolah Dasar yang secara giografis ada di pinggiran desa, tepatnya masuk wilayah kecamatan Tegalampel( + 3 km dari kota Kecamatan) Kabupaten Bondowoso. Lembaga sekolah yang saat ini dipimpin oleh ibu Sri Asiani M,Pd ini merupakan hasil regrouping antara SDN Tanggulangin 01 dan SDN Tanggulanagin 02.

          Sejak lembaga sekolah ini dipimpin oleh ibu Sri Asiani,M.Pd telah banyak sekali kemajuan-kemajuan yang telah dilakukan oleh beliau. Diantaranya, Lembaga sekolah ini kini telah direhab dengan kondisi gedung yang megah, lantai kelas telah dikeramik semua, lampangan upacara telah dipaving dan dirabat, pagar dan gerbang sekolah diperbaiki juga sehingga  menambah cantik, anggun, dan asri  penampilan fisik lembaga sekolah ini. Di akhir tahun ajaran ini, beliau bersama dewan guru dan komite sekolah telah sepakat untuk memperbaiki 20 bangku yang rusak berat.

          Lembaga sekolah ini dipimpin oleh seorang kepala sekokah yang demokratis. Dalam mengambil semua keputusan selalu di lakukan dengan musyawarah mufakat yang melibatkan semua elemen warga sekolah, yaitu Dewan guru, Komite Sekolah, dan wali murid. Sehingga dalam kegiatannya tidak ada gesekan-gesekan yang dapat mengganggu program-program sekolah yang telah ditetapkan dan disepakati. Disamping itu di sekolah ini sangat transparan dalam mengelola keuangan, tidak terkecuali dana BOS.

          Salah satu budaya yang telah lama dipegang teguh dari warga sekolah ini adalah budaya tepat waktu dan tertib menjalankan tugas tanpa diawasi. Ada atau tidak ada kepala sekolah kebiasaan tersebut tetap dilakukan oleh guru-guru dan semua karyawan di SD ini. Sehingga hal tersebut menjadi cacatan tersendiri dari masyarakat di desa Tanggulangin, Klabang Agung, Karanganyar dan Mandiro. Hal ini dibuktikan dengan animo masyarakat dari desa-desa tersebut untuk mempercayakan putra-putrinya untuk menyekolahkan di SDN Tanggulangin 1.

          Oleh karena itu, untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap SD Negeri Tanggulangin 1, Kepala Sekolah beserta segenap tenaga pendidik berusaha meningkatkan profesionalisme dan etos kerja secara terus menerus sehingga mutu pembelajaran semakin baik, sejajar dengan Sekolah Dasar yang ada di daerah perkotaan. Dan tidak menutup kemungkinan lebih baik. Lulusan dari SD ini tidaklah kalah dengan lulusan Sekolah Dasar lain. Buktinya banyak dari alumni dari SD ini dapat berprestasi di SMP/MTs kota bahkan di luar kota. Yang tidak kalah membagakan, di anatara mereka ada yang di terima kuliah di perguruan tinggi bergengsi di berbagai kota di Indonesia. Tidak sedikit pula alumni SDN tanggulangin 1 yang telah menjadi guru, wartawan, dan  pegawai di beberapa instansi pemerintah dan swasta.

          Beberapa prestasi siswa SD Negeri Tanggulangin 1,  dua tahun terakhir adalah juara 1 lomba tartil putri tingkat kecamatan, juara 3 lomba gerak jalan tingkat kecamatan, juara 2 lomba lari jarak jauh, juara 3 lomba lompat jauh, juara 1 lomba atletik-lari jarak menengah(1500 meter), juara lima besar tingkat kecamatan lomba olympiade MIPA, dan masih banyak prestasi lainnya.

          Selain itu untuk mengimplentasikan pendidikan karakter, SD Negeri Tanggulangin 1 melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
1.       Pukul 06.30 – 07.00
Kegiatan:
1.       Siswa melaksanakan piket sapu bersih kelas, nilai yang dikembangkan kebersihan.
2.       Siswa menyambut kedatangan guru dengan berjabat tangan, nilai yang dikembangkan kesopanan.
3.       Guru menyiapkan siswa untuk senam, nilai yang dikembangkan kedisplinan.

2.       Pukul 07.00 – 07.15
Kegiatan:
1.     Pelaksanaan senam dilanjutkan dengan berdoa bersama kemudian dilanjutkan pungut sampah di halaman sekolah, nilai yang dikembangkan kesehatan,religius dan kebersihan.
2.       Hari senin upacara bendera, nilai yang dikembangkan cinta tanah air.

3.     Pukul 07.15 -09.00
Kegiatan:
1.       Berdoa di masing-masing kelas, nilai yang dikembangkan religius.
2.       Kegitan pembelajaran, nilai yang dikembangkan intelektual.
3.       Siswa ijin jika keluar kelas, nilai yang dikembangkan kedisplinan.
4.       Jika tidak masuk ada surat ijin, nilai yang dikembangkan kedisiplinan.


4.     Pukul 09.00 – 09.15
1.   Waktu istirahat (kunjungan ke perpustakaan bagi siswa yang saat itu ada jadwal kunjung), nilai yang dikembangkan gemar membaca.

5.     Pukul 09.15 – 12.00
Kegiatan:
1.     Pelaksanaan pembelajaran dan ditutup dengan doa, nilai yang dikembangkan intelektua, kedisiplinan dan relegius.
2.       Pelaksanaan sholat dhuhur berjamaah, nilai yang dikembangkan relegius.
3.    Usai pembelajaran siswa melaksanakan piket sapu bersih di kelas masing-masing kelas dan berjabat tangan pada guru, nilai yang dikembangkan kebersihan dan kesopanan.
4.   Hari Minggu Ekstra Kurikuler Pramuka dan Olah raga, nilai yang dikembangkan kemandirian dan kedisiplinan.

Kiat-kiat SD Negeri Tanggulanagin 1:
1.       Kiat teladan
Kegitatan: tampil rapi, tepat waktu dan disiplin, taat patuh dan santun dalam bicara, menghormati, hidup sederhana, ringan tangan, dan tanggung jawab.
Nilai yang dikembangkan: kerapian, kedispinan, sopan dan santun, toleransi, dan tanggung jawab.

2.       Kiat rutin
Kegiatan: upacara bendera, senam, sholad berjamaah di sekolah, piket harian, membaca buku perpustakaan.
Nilai yang dikembangkan: cinta tanah air, semangat kebangsaan, kedisplinan, religius, gemar membaca, kebersihan, dan kenyamanan.

3.       Kiat spontan
Kegiatan: ucapkan salam, berdoa dan mendoakan, pungut sampah, antri masuk kelas, memberi ucapan selamat, dan melerai perkelahian.
Nilai yang dikembangkan: religius, toleransi, kebersihan, kedisiplinan, dan kepedulian.

4.       Kiat terprogram
Kegiatan: lomba-lomba, bazar, unjuk prestasi, Pesrom, persami, lomba Agustusan, pentas seni, PHBI, istiqosah, mengundang nara sumber, kunjungan teman sakit, kena musibah/fakir miskin, pembagian zakat fitrah, pembagian hewan kurban, kerja bakti lingkungan, dan Ektra Kurikuler (Pramuka dan Olah raga).
Nilai yang dikembangkan: tanggung jawab, kreatif, kedisplinan, kemandirian, religius, kepedulian sosial, kebersihan, kenyamanan, dan kesehatan.

        Salah satu faktor pendukung dalam kegiatan proses pembelajaran di SD Negeri Tanggulangin 1 adalah lingkungan yang alami, bersih, sejuk, aman, nyaman, dan tenang jauh dari kebisingan dan polusi udara yang berlebihan. Sehingga semua warga sekolah dapat mengikuti semua kegiatan di sekolah dengan tenang.

          Dengan kelebihan dan kekurangan kondisi dan situasi SD Negeri Tanggulangin 1 tersebut, maka kepala sekolah,  seluruh Dewan guru, karyawan, dan bekerja sama dengan Komite Sekolah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas pembelajaran di SD negeri Tanggulangin 1 untuk berpacu ciptakan prestasi.







Nama Anda
New Johny WussUpdated: 12.00.00

0 komentar:

Posting Komentar

CB